Aku juga tahu kalau kamu tidak tinggal dengan ibumu (aku ingat itu), tapi kamu masih sering pulang kan? Apa kabar orangtuamu & keluargamu? Sehat semua kan? Apa kabar si kecil Raishaka (atau sudah besar sekarang)? Kamu juga sudah jarang posting fotonya sih

Biar kamu tidak merasa iri, aku juga akan tanya keadaanmu deh. Apa kabarmu sehatkah? Apa ada yang menarik beberapa minggu ini? Masih sibuk desain t-shirt kah? Atau ada acara menarik apa yang sedang diadakan di Jakarta bulan ini? Maklum beberapa hari belakangan aku kurang update ^__^

Jadiโ€ฆ kamu berpikir aku dan wening terlihat cocok? Aamiin kalau begitu (kan tidak boleh menolak doa baik dari seseorang) jadi kalau wening yang kamu anggap โ€˜wanita baik-baikโ€™ cocok denganku itu artinya aku juga โ€˜pria baik-baikโ€™ kan. Kalau cocok biasanya berjodoh. Jodoh tidak akan kemana. Jodoh juga tidak akan tertukar. Wanita yang baik untuk pria yang baik, dan berlaku untuk kebalikannya.

Kamu juga, baiknya lekas tobat, jadi wanita baik-baik agar pria baik ini tidak berubah pikiran untuk segera melamarmu. Jangan membuang usiamu dengan berpacaran, tidak perlu terburu-buru mencari pria yang baik sampai ke ujung dunia, kamu hanya perlu menunggu, dan habiskan waktu menunggumu dengan memperbaiki diri, kamu akan punya banyak waktu memikirkan diri sendiri selagi menunggu, dan jodoh baik juga akan segera menemukanmu, aamiin. Insha Allah.

*catatan: Selalu ingat! Orang yang punya nasehat paling bijak biasanya orang yang paling sulit untuk melakukannya *sigh*

Ps. Seorang pria dipilih karena masa depannya, dan seorang wanita dipilih dengan masa lalunya

Ooooโ€ฆ.selama ini kamu masih sering merokok, nona? Pantas saja beberapa bulan belakangan ini aku sering sesak nafas tanpa sebab, sekarang aku tahu siapa yang harus disalahkan, itu kamu. Tanya kenapa? Karena kita ini saudara seiman, nona, dan kamu tahu kalau saudara seiman itu sudah seperti satu tubuh, jadi kalau ada satu anggota tubuh yang sakit, seluruh tubuh akan merasakan sakit yang sama, begitu juga denganmu, kalau nanti organ tubuhmu ada yang terluka akibat rokok, akupun pasti akan merasakan sakit yang sama (atau bahkan lebih sakit darimu). Kamu tega membuat aku kesakitan karena ulahmu sendiri?

*eh*

Mungkin kalimat diatas sedikit berlebihan (aku tahu). Aku hanya mencoba menanggapi hal tersebut dengan lebihโ€ฆ lebay santai. Akupun begitu, dikelilingi oleh perokok aktif, teman-temanku, saudara, dan tidak ada yang bisa menghentikan mereka kecuali dengan niat dari diri mereka sendiri. Nasehat juga sia-sia, apalagi ceramah, mau memaparkan bukti-bukti medis dan bukti fisum-pun diacuhkan (padahal yang dinasehati sesama petugas medis).

Aku jadi ingat di kampungku, ada seorang nenek berumur sekitar 85 tahun, ditinggal mati suaminya, tanpa anak, yang kerjaannya setiap hari merokok sambil bersantai di halaman belakang rumah nenek-ku, kadang mengobrol dengan tetangga /pun saudaraku yang sering berkunjung ke rumah nenekku. Hampir setiap hari aku melihat beliau di rumah nenekku, karena sudah tua, tidak punya pekerjaan. Dulu aku ingat rekor โ€œhattrickโ€ beliau pernah merokok seharian sampai 8 bungkus. Aku pernah tanya ke bibiku dan beliau bilang si โ€˜nenekโ€™ memang dulu perokok aktif (waktu masih muda) tapi kebiasaan merokoknya semakin parah sejak ditinggal suaminya, mungkin karena stress banyak pikiran si โ€˜nenekโ€™ jadi pecandu berat. Tidak ada juga yang bisa menasehati si โ€˜nenekโ€™ untuk berhenti merokok. Kamu lihat? Kehidupan seperti itu cukup miris. Dan setiap kali aku berkunjung ke rumah nenekku dan mendapati si โ€˜nenekโ€™ -dengan batang rokok di jarinya- ada di sana , rasanya aku ingin sekali mengambil batangan itu sekalian bungkus-bungkusnya (kalau perlu korek apinya sekalian) membuangnya ke sungai di belakang rumah kemudian merengek memeluk si โ€˜nenekโ€™ (layaknya adegan sinetron) untuk berhenti merusak tubuhnya seperti ituโ€ฆ tapi jelas itu hanya mimpi, kalaupun itu terjadi pasti si โ€˜nenekโ€™ akan meneriaki, memarahi & memukulku habis-habisan (serius, walaupun sudah berumur 85 tahun tapi kalau sedang marah beliau sangat galak, aku bilang seperti ini karena pernah mengalaminya)

Satu lagi, dulu ayahku juga seorang perokok aktif, dan beliau adalah seorang guru. Sampai menikah dengan ibuku pun ayahku masih sering merokok, walau ibuku selalu meminta ayah untuk berhenti. Dan akhirnya, alhamdulillah, ayahku bisa berhenti merokok dan itu bukan karena nasehat ibuku, tapi karena lahirnya kakakku yang pertama. Mungkin beliau sadar dengan sendirinya /kerena memang sudah niat paten, entahlah, wallahu aโ€™lam.

Sebenarnya awalnya aku tidak berniat untuk menceritakan apapun ke kamu, tapi jariku jahil, mungkin karena terlalu bersemangat menanggapi soal rokok ini, akibatnya malah jadi cerita narasi deskripsi eksposisi argumentasi dan persuasi seperti ini. Hehe… maafย 

Thought via Path

Masih gagal paham sama orang-orang yang mengaku berpendidikan, tapi tidak bisa diajak duduk bermusyawarah untuk nyelesaiin hal sepele banget ! Pake teriak-teriak mau laporin ke owner lah, laporan ke media lah !
Gue sih cm bisa geleng-geleng dan sama sekali gak takut dengan ancaman macam begituan !
Apalagi kalo orang tau kronologis sebenarnya kaya apa. Tapi yah gmn ? Orang yang punya akal sehat doang lah yang pada akhirnya cuma bisa hela nafas dalam-dalam ๐Ÿ˜ค *tableflip* mana lagi period mana emosi mana gue dimaki-maki ! Tuhan juga tau dimana tempat yang pantes buat orang kek gitu ! โ€“ Read on Path.

Karena takut kamu akan bingung membacanya, jadi aku tulis semua pesanku di word, dan tinggal copas ke submit box-mu (aku juga merunutkan angkanya biar kamu tidak pusing dan mual-mual membacanya)

Selamat membaca ^__^ย 

Ya Allah, nikmatMu tak ada henti !
Dompet rusak, langsung di ganti yang baru ๐Ÿ˜Š

Terima Kasih my baby Anha ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ with Anha – View on Path.

Ya Allah, nikmatMu tak ada henti !
Dompet rusak, langsung di ganti yang baru ๐Ÿ˜Š

Terima Kasih my baby Anha ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ with Anha โ€“ View on Path.

Salam super nona Frengers,

(kacau, I donโ€™t know how to start this letter)

Baiklah, baiklah aku akan mencobanya dengan lebih baik lagi nanti tapi untuk kali ini aku akan membalas pesan-pesan yang sudah kamu kirimkan beberapa hari yang lalu.

#01

Terimakasih atas ucapan โ€œfarewellโ€ nya, I need that (a lot) from you, so I can keep that in mind

Aku akan jaga diriku baik-baik disini, dan sebaiknya kamu juga melakukan hal yang sama, jangan telat makan, cukup istirahat, kerja & kuliah semoga tetap lancar, banyak minum air putih (you may need it), jangan bolong sholatnya (aku mulai terdengar seperti ibu-ibu yang cerewet), jangan begadang nanti masuk angin (oke, aku mulai terdengar seperti bang haji rhoma irama), dan seterusnya.

Aku akan jadi pria yang baik disini, aku tidak akan merengek minta permen saat kelelahan, merengek minta es krim saat kelaparan, apalagi merengek minta pulang karena rindu dengan ibuku, jika itu yang kamu maksud dengan โ€œbe a good manโ€ *kidding*

Aku pasti akan menjaga hatiku, tidak perlu kamu ingatkan, nona, selama ini pun selalu begitu. Aku akan menjaga hatiku dari godaan apapun (kan memang kewajiban semua manusia untuk tahan godaan), godaan wanita manapun (jika itu maksudmu) maupun godaan kucing manapun (karena aku setia dengan Gery). Hal tersulitnya adalah, bagaimana caraku menjaga hati seorang wanita yang mengaku dirinya sudah tidak punya hati lagi? Bisakah tolong bantu aku, beritahukan caranya?

Iโ€™ll do my best here, always. SEMANGAT SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

#02

Banyak hal yang sudah aku ceritakan ke sahabatku tentang kamu. Entahlah, aku takut kamu jadi kepikiran kalau aku beritahu apa saja yang mereka sarankan untukku. Jadi, biar aku simpan sendiri saja ya, kalau kamu tidak keberatan

Memang benar, beberapa hari ini aku selalu pamit lebih cepat saat kami berkumpul, karena aku takut kemalaman, Gery menungguku dan dia akan galau kalau aku tidak pulang cepat (lagi ngeles)โ€ฆ baiklah aku memang senang bisa berkirim pesan denganmu itu sebabnya aku selalu pulang lebih awalโ€ฆ. tapi aku juga kadang pulang lebih awal karena aku harus mengerjakan sesuatu, tugas laporan, betul aku harus mengerjakan tugas laporan dan lebih nyaman mengerjakannya di rumah (ngeles lagi)

Kamu menanyakan kabar Gery. Kenapa dari semua orang yang aku kenal selalu menanyakan kabar Gery, percayalah Gery tidak se-imut itu sampai harus ditanyakan kabarnya. Kalau aku bisa menebak Gery saat ini sedang mengadakan private party di rumah salah satu sahabatku (sebagai hukuman karena sudah membujukku menerima perjanjian yang kemarin), biarkan saja, aku sudah suruh Gery untuk mengacak-acak isi dapurnya tanpa ampun. Eh, *istighfar*

Dan soal teman twitterku, sepertinya kamu sudah benar-benar mencaritahu, namanya wening, dia teman dari jogja kerjanya di jakarta, kamu juga bisa berkenalan dengannya kalau kamu mau, perlu aku kenalkan? Supaya tidak ada masalah yang menggantung

Aku juga selalu senang mendapat pesan darimu, senang sepersekian detik dan bingung sepersekian menit (karena aku harus mencari kata yang tepat untuk membalas pesanmu, tapi kenyataannya, kalimat yang kutulis malah terlihat seperti bercandaan aneh bin absurd, padahal aku tidak bermaksud begitu, sungguh!) kan, I did it again. Sorry

#04

Iโ€™m doing fine here, donโ€™t worry, I have a responsibility here & an obligation to carry out

Chiaโ€ฆโ€ฆโ€ฆ

kenapa kamu harus menghitungi hari, nona Frengers, kamu kan bukan krisdayanti dan aku bukan raul lemos (kecuali Gery mungkin lebih cocok)

Cobalah untuk mencari kesibukan lain, โ™ซ โ€ฆ.go on and have time of your life โ™ช

ย 

SEMANGAT CHIA!!!